Aki Mobil Daihatsu Zebra

Daihatsu Zebra Astrea, mobil yang menjadi pesaing ketat Suzuki Carry untuk segmen minibus (microbus) tahun 90 an. Mobil Zebra Astrea ini cukup spesial menurut saya untuk fungsi-fungsi tertentu seperti untuk antar jemput,
kirim-kirim catering, dan lain sebagainya untuk usaha yang membutuhkan mobil murah dengan kemampuan membawa barang cukup banyak, mobil zebra ini mungkin cocok sebagai pendamping usaha anda, kita akan coba ulas sedikit saja tentang mobil ini.
Daihatsu Zebra Astrea merupakan mobil jenis minibus (microbus) yang dikeluarkan antara tahun 1986 sampai 1994, mobil ini memiliki kapasitas penumpang ideal 7 orang akan tetapi mampu memuat penumpang hingga 9 orang jika kursi belakang berjenis menyamping. Antara tahun 1986 sampai 1994 mobil Zebra menjadi alternatif minibus selain suzuki carry, dengan fungsi yang sama akan tetapi harga mobil ini lebih murah dari suzuki carry.
Desain eksterior daihatsu zebra astrea cukup manis pada jamannya, akan tetapi untuk saat ini memang terlihat ketinggalan jaman, dengan bentuk kotak dan sudut yang terlihat jelas sebagai ciri mobil era 90 an. ketika kita berbicara desain memang mobil ini bisa dibilang kurang, akan tetapi jika berbicara masalah lain maka mobil ini bisa jadi cocok dengan pembaca, sebut saja beberapa kelebihan Zebra Astrea yang dapat dipertimbangkan:
Kelebihan Daihatsu Zebra
1. Harga mobil murah, harga daihatsu zebra astrea tergolong murah yakni antara 10 juta sampai 25 juta an, bahkan jika kondisinya kurang bagus mobil ini bisa dijual dibawah 10 juta, murah bukan?
2. Kapasitas Angkut besar, dengan harga semurah itu pemilik mobil ini bisa membawa sampai 9 orang penumpang cocok untuk antar jemput, atau jika diisi barang seperti catering atau barang belanjaan untuk usaha kecil-kecilan sangat handal.
3. Sparepart banyak, pemilik mobil ini tidak perlu khawatir dengan ketersediaan sparepart mobil karena suku cadang zebra astrea sangat banyak dan harganya juga murah, sparepart mobil ini beberapa juga bisa disubstitusi dengan zebra espass.
4. Jaringan service, jaringan daihatsu tidak perlu ditanyakan lagi karena hampir tiap kota ada. Untuk mobil ini bahkan bengkel umum tidak mengalami kesulitan dalam menangani kerusakan jika mobil ini bermasalah, karena sebagian besar mekanik mengetahui mesin mobil ini
5. Mesin cukup bandel jika dirawat dengan benar, mobil generasi 90 an memang dikenal memiliki mesin yang cukup memuaskan seperti kijang super, suzuki carry dan zebra astrea.
6. Mobil Irit Bahan Bakar
Kekurangan Daihatsu Zebra
Daihatsu Zebra Astrea memang memiliki beberapa kelemahan antara lain:
1. Harga jual kembali yang cukup jatuh, jika pemilik ingin menjual mobil ini mungkin harganya bisa jatuh karena memang mobil ini sekarang peminatnya kurang (karena umur mobil)
2. Rawan pada genangan, mobil Zebra Astrea ini memiliki kelemahan pada genagan air atau banjir atau dikemudikan saat hujan deras karena gampang mogok jika terkena air, solusi adalah dengan memasang pipa khusus yang ada di bengkel resmi daihatsu (gratis)
3. Mesin ada di bawah kursi kemudi, hal ini kadang membuat panas pengemudi apa lagi jika untuk perjalanan jauh
4. Suspensi keras, memang mobil ini adalah mobil niaga sehingga suspensi mobil tidak bisa empuk hampir sama dengan carry
5. Keseimbangan mobil kurang, hati-hati saat menikung dengan mobil ini karena sering limbung (sama dengan carry), menikunglah dengan kecepatan rendah.
6. Teknologi mobil niaga lama, artinya jangan berharap mobil ini dibekali fitur seperti mobil sekarang misalnya rem ABS atau Audio Mp3, Airbags atau yang lain-lain.
7. Nanti pembaca bisa ngasih yang lainnya di kolom komentar :-)
Mesin dan Performa
Mesin Daihatsu Zebra Astrea tahun 1993 telah memakai 4 silinder 16 katub, memiliki kapasitas silinder 1300 cc, menggunakan teknologi SOHC dan untuk pasokan bahan bakar masih menggunakan karburator. Mesin Daihatsu zebra astrea ini memiliki daya maksimum 74 Hp, lumayan untuk mobil tahun 90an bahkan kijang super juga memiliki daya maksimum kurang dari 80 Hp.
Mobil ini masih bisa melaju di atas 120 Km per jam, akan tetapi tidak disarankan menggunakan mobil ini dengan kecepatan di atas 100 km / jam karena teknologi mobil ini sudah jauh berbeda dengan mobil jaman sekarang sehingga akan sangat berbeda saat anda melakukan pengereman dengan mobil-mobil jaman sekarang, gunakanlah mobil ini untuk memuat banyak barang dengan kecepatan rendah dan jarak yang tidak terlalu jauh.

Aki/accu mobil yang cocok untuk ini adalah tipe:

NS 40 Z 12V/35ah 

Bisa Diupgrade Ke

NS 60  12V/45A


Toko Aki di Surabaya,

Toko Aki Ultras Energia Surabaya menyediakan aki mobil merek GS Astra (basah dan Kering/MF),  Yuasa dan Incoe. 
Layanan Pesan Antar bebas biaya kirim dan pasang memudahkan anda mendapatkan aki/accu sesuai dengan kebutuhan mobil kesayangan langsung di rumah anda.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It