Aki Mobil Suzuki Esteem


Suzuki Esteem adalah mobil keluaran tahun 90an yakni mulai tahun 1991 sampai 1996, tipe mobil ini adalah mobil sedan dengan kapasitas silinder mesin 1300 cc untuk generasi pertama dan 1600 cc untuk generasi kedua. Mobil ini termasuk mobil yang bersaing di jajaran mobil sedan era 90 an 
bersama Toyota Corolla, Daihatsu Classy, Honda Civic yang mana kita ingat tahun 90an adalah eranya mobil sedan dan Suzuki Esteem adalah andalan Suzuki dalam bersaing.

Suzuki Esteem pertama kali keluar tahun 1991 memakai mesin 1300 cc dengan kode G13B, mobil ini telah memakai 4 silinder 16 katup dan telah menggunakan teknologi SOHC. Meskipun mobil tua mobil ini layak diperhitungkan terutama jika para penggemar otomotif sedang melirik sedan generasi 90 an, paling tidak jika dibandingkan dengan rival sekelasnya seperti Honda Civic atau Daihatsu Classy atau Toyota Corolla / Starlet, penggemar otomotif akan melihat mobil ini sebagai mobil dengan budget tidak lebih dari 40 juta yang mana rata-rata mobil esteem 1300 cc tahun 1991 sampai 1994 dijual dengan harga 25 sampai 35 juta.


Kelebihan mobil suzuki esteem ini adalah :
* pada ketersediaan sparepart yang cukup banyak dan murah
* kecepatan mobil yang cukup memuaskan untuk generasi 90 an
* kemudahan perawatan
* desain mobil yang tidak terlalu ketinggalan
* banyaknya klub penggemar mobil suzuki esteem
* body mobil yang tebal dan cukup kuat
* konsumsi bahan bakar cukup irit bisa mencapai 15 km untuk 1 liter bensin (jika mobil dalam keadaan baik), konsumsi bbm esteem adalah 1:14 untuk luar kota dan 1:10 untuk dalam kota

Kelemahan suzuki esteem adalah:
* keluhan pada kaki-kaki mobil yang harus diperbaiki banyak pemilik mobil ini mengatakan bahwa shock mati dan peer shock juga lembek, sebagai mobil yang sudah berumur kiranya cukup wajar jika harus melakukan perbaikan untuk mencapai performa yang cukup baik. kaki-kaki mobil ini sering aus dan sering berbunyi saat di belokan atau pada jalan berlubang, menurut beberapa rekan bengkel budget perbaikan untuk kaki mobil ini sekitar 1 juta an untuk mengembalikan kelembutan dan memperbaiki performa.
* AC mobil ini tidak begitu dingin, hal ini merupakan bawaan dari mobil suzuki
Sementara untuk esteem 1600 cc mulai dikeluarkan tahun 1994 dengan teknologi yang hampir sama, memiliki tenaga yang lebih besar, kecepatan lebih tinggi dan bentuk/ desain mobil yang lebih membulat atau kesan kotak sudah dihilangkan, sedangkan konsumsi BBM esteem 1600 cc tentunya lebih boros yakni bisa sampai 1:7 untuk dalam kota.

Suzuki esteem termasuk mobil yang cukup baik dalam hal fitur karena telah dilengkapi power steering sehingga handling ringan, power window dan central lock untuk safety mobil, electric mirror. Untuk audio memang perlu diperbaharui karena untuk semua mobil keluaran tahun 90 an masih menggunakan cassete.

Aki/accu mobil yang cocok untuk ini adalah tipe:

NS40Z 12V/35ah

Diupgrade Ke:

NS60 12V/55ah

Toko Aki di Surabaya,

Toko Aki Ultras Energia Surabaya menyediakan aki mobil merek GS Astra (basah dan Kering/MF),  Yuasa dan Incoe. 
Layanan Pesan Antar bebas biaya kirim dan pasang memudahkan anda mendapatkan aki/accu sesuai dengan kebutuhan mobil kesayangan langsung di rumah anda.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It