Toyota ini tergolong jauh dari waktu rilis para pesaingnya. Meskipun waktu peluncurannya tertinggal dari Ford Ranger dan juga Mitsubishi Strada Triton, nampaknya hal ini tak menjadi masalah bagi Toyota. Seakan hadir sebagai sajian penutup dalam sebuah jamuan makan malam, Toyota Hilux tampil mempesona dengan nuansa baru di bagian eksterior dan juga interiornya. Sebagai salah satu leader di segmen kendaraan niaga dan komersial, tentunya versi baru dari Hilux ini membawa pertaruhan nama besar Toyota. Sebelum kehadiran Toyota Hilux ini, pecinta otomotif Indonesia memang sudah dibuat jatuh hati dengan deretan pikap kelas wahid, mulai dari Nissan Navara, Mitsubishi Triton, hingga Ford Ranger.
Menjadi varian andalan Toyota di segmen kendaraan pikap bisnis dan komersial, pastinya Toyota Hilux ini dibekali dengan performa tangguh khas mobil-mobil multifungsi serta desain interior yang memberikan kenyamanan ekstra. Toyota sendiri membedakan All New Toyota Hilux ke dalam dua tipe, yaitu Hilux bermesin diesel 2.5 L dan satu tipe lagi bermesin bensin 2.0 L. Untuk Toyota Hilux versi diesel, dibekali dengan mesin DOHC 4-silinder segaris yang memiliki kubikasi sebesar 2.494 cc. Sementar untuk Hilux bermesin bensin, mengusung mesin DOHC Dual VVT-i yang memiliki kubikasi sebesar 1.998 cc. Toyota Hilux diesel akan berjalan pada sistem transmisi 6-speed manual, sementara Hilux 2.0 L bermesin bensin akan digerakkan dengan sistem transmisi 5-speed manual. Dengan porsi pasar yang sangat besar, Toyota berharap bahwa generasi baru Toyota Hilux ini akan melanjutkan kesuksesan versi sebelumnya. Dalam beberapa tahun terakhir, pangsa pasar kendaraan pikap multifungsi memang semakin berkembang pesat. Hal ini salah satunya disebabkan oleh permintaannya yang semakin tinggi.
Pada bagian mesin, generasi baru Hilux ini dibekali dengan dua spesifikasi mesin yang berbeda sesuai varian tipenya. Secara garis besar, dua varian Toyota Hilux ini terdiri dari tipe diesel yang mengusung mesin DOHC 4-Cylinders In Line 16-Valve. Mesin bertenaga diesel ini merupakan jenis mesin Toyota 2KD-FTV. Mesin empat silinder segaris itu memiliki kubikasi sebsar 2.494 cc. Mesin pada Toyota Hilux diesel mampu memuntahkan tenaga sebesar 144 Ps pada putaran mesin 3.400 rpm. Mesin ini sudah mengadaptasi teknologi Fuel Injection sehingga proses pembakaran pada ruang mesinnya berjalan lebih sempurna. Torsi yang mampu dihasilkan oleh mesin Toyota Hilux versi diesel ini adalah sebesar 35 Kgm pada 1.600 hingga 2.800 rpm. Sesuai dengan karakter mesin diesel, versi Hilux yang satu ini akan memberikan tarikan yang responsif serta power yang lebih maksimal. Namun, seperti kebanyakan kendaraan diesel lainnya, Toyota Hilux versi diesel akan terasa cukup kasar saat dipacu dengan tenaga penuh. Lalu, versi kedua dari generasi baru Hilux ini adalah tipe yang bermesin bensin. Pada Hilux tipe bensin, Toyota mengusung mesin DOHC Dual VVT-i 4-Cyliders In Line 16-Valve. Mesin pada Toyota Hilux versi bensin ini adalah tipe mesin Toyota 1TR-FE. Mesin tersebut memiliki kubikasi sebesar 1.998 cc yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 139 Ps pada 5.600 rpm serta torsi sebesar 18.7 Kgm pada putaran 4.000 rpm.
Aki/accu mobil yang cocok untuk ini adalah tipe:
N 70Z 12V/65ah
Toko Aki di Surabaya,
Toko Aki Ultras Energia Surabaya menyediakan aki mobil merek GS Astra (basah dan Kering/MF), Yuasa dan Incoe.
Layanan Pesan Antar bebas biaya kirim dan pasang memudahkan anda mendapatkan aki/accu sesuai dengan kebutuhan mobil kesayangan langsung di rumah anda.